Bentuk Merek

Bentuk merek adalah bentuk yang menyatakan wujud merek yang digunakan pada barang atau jasa. Ada berbagai macam bentuk merek yang dapat digunakan untuk barang atau jasa. Berikut ini diuraikan berbagai contoh bentuk merek :

  • Merek yang berbentuk lukisan atau gambar

Bentuk ini mempunyai daya pembeda dalam wujud lukisan atau gambar antara barang atau jasa yang salah satu dan barang atau jasa yang lain yang sejenis. Merek ini disebut merek lukisan. Contohnya merek cat “kuda terbang”, yaitu lukisan atau gambar kuda yang bersayap yang terbang.

  • Merek yang berbentuk kata

Bentuk ini mempunyai daya pembeda dalam bunyi kata antara barang atau jasa yang satu dan barang atau jasa yang lain yang sejenis. Merek ini disebut merek kata. Contohnya Rexona untuk deodoran.

  • merek yang berbentuk huruf atau angka

Bentuk ini mempunyai daya pembeda dalam wujud huruf atau angka antara barang atau jasa yang satu dan barang atau jasa yang lain yang sejenis. Merek ini disebut merek angka. Contohnya YKK untuk ritsluiting, 4711 untuk pomade, dan ABC untuk sirup atau kecap.

  • Merek yang berbentuk nama

Bentuk ini mempunya daya pembeda dalam wujud nama antara barang atau jasa yang satu dan barang atau jasa yang lain yang sejenis. Merek ini disebut merek nama. Contohnya Piere Cardin untuk kemeja dan Elizabet Arden untuk parfum.

  • Merek yang berbentuk kombinasi

Bentuk ini mempunya daya pembeda dalam wudul lukisan/gambar dan kata antara barang atau jasa yang satu dan yang barang atau jasa yang lain yang sejenis. Merek ini berbentuk lukisan/gambar dan kata menjadi satu kesatuan yang disebut merek kombinasi. Contohnya merek jamu Nyonya Meneer, yaitu kombinasi gambar seorang nyonya dan perkataan Nyonya Meneer.

Untuk informasi lebih lanjut bisa konsultasi pada kami :

MARTEN LUCKY ZEBUA, S.H, MH.

No. Telp 0812-2514-4565 / 022-6034664

Website : www.martenluckyzebua.co.id

Jln. Jend Sudirman No.802 (Bandung)